Empat Bulan Irigasi Komering Dikeringkan

MARTAPURA – Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera  (BBWSS) VIII yang akan mengeringkan Irigasi Upper Komering saluran induk Belitang awal November 2009 mendatang. Keputusan itu diambil saat rapat pemantapan akhir sebelum
dilakukannya pengerjaan rehap dan  perbaikan saluran skunder Belitang yang dilaksanakan di Aula Irigasi Upper Komering Martapura, Selasa (27/10).

Dalam pertemuan ini, Asisten II Setda OKUT Drs Rivai Raila  mengatakan pengeringan  merupakan bagian dari proyek Irigasi Komering Tahap -2 (Phase-II). Dananya bersumber dari bantuan luar negeri melalui Loan  Japan Bank For Internacional Coorperation (JBIC) senilai  Rp 1,3 Triliun yang harus segera direalisasikan.

“Masyarakat OKU Timur sudah sepatutnya bangga dan mendukung proyek ini, karena tujuan dari proyek tersebut tidak lain untuk mempertahankan debit air agar ribuan sawah yang ada di OKU Timur ini tetap terairi hingga puluhan tahun mendatang,” tegasnya.

Lebih lanjut Rivai menegaskan, selama proses pengerjaan rehap saluran sepanjang 60 Km antara BK 0 hingga BK 28 berlangsung, pihak kontraktor diminta untuk dapat mempekerjakan warga setempat.

Sementara itu Kepala BBWSS VIII, Sukoco didampingi Feri Syahrial ST MT selaku Pejabat Pembuat Kometmen (PPK) Irigasi III,   menegaskan, 1 November 2009  saluran induk Irigasi Upper Komering secara resmi ditutup. Proses awal pengerjaan rehap meliputi  pembersihan saluran, perbaikan dan pengecoran.

“Sesuai dengan hasil inventarisir yang telah dilakuan kerusakan yang terjadi pada saluran skunder irigasi itu mencapai 40 persen dimulai dari BK 0 hingga BK 20 sepanjang 60 Kilometer,” jelasnya.

Masih menurut Sukoco, sesuai dengan jadwal, pengeringan dalam rangka rehap saluran itu dimulai tanggal 1 November 2009 hingga akhir Maret 2010. Selanjutnya saluran irigasi akan kembali  pada awal April sampai akhir  Mei 2010.
Pengerjaan rehap kembali dilanjutkan menutup lagi saluran  sejak awal Juni hingga akhir Juli 2010. dan dibuka
kembali dua beluan selanjutnya hingga  akhir September 2010. Pengeringan kembali dilanjutkan  November 2010 hingga Maret 2011.

Proyek ini akan dikerjakan dua  kontraktor meliputi PT Waskita Karya yang akan melakukan renovasi saluran  sepanjang 11 kilo meter yakni antara BK 0 hingga BK 3, sedangkan PT Barantas Adi Praya akan melakukan pengerjaan renovasi antara BK 3 hingga BK 10 sepanjang 15 kilometer. Dan diteruskan dengan pengerjaan renovasi saluran antara BK
10 hingga BK 28 sepanjang 33 kilometer.

Dilain pihak Suarni selaku Ketua Ikatan Perkumpulan Patani Pemakai Air (IP3A) Kabupaten OKU Timur ketika dimintai komentarnya mengatakan, para petani permakai air di Kabupaten OKU Timur tidak mempermasalahkan adanya rencana pengeringan irigasi awal Nobember mendatang.

http://www.sripoku.com Powered by Nursidiq Arizal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s