Irigasi Belitang Mulai Kering

MARTAPURA – Penutupan saluran irigasi Upper Komering saluran sekunder Belitang, sejak Minggu (1/11) sudah dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VIII. Pengeringan ini dilakukan untuk pekerjaan renovasi yang dimulai dari BK-0 hingga BK 28 sepanjang 60 KM.

Pantauan di lapangan, diketahui pengeringan itu hanya dilakukan dengan cara menutup pintu air di saluran Bendung Komering Hilir (BKH) IV, yang selama ini menjadi pintu utama saluran skunder Belitang.

Sejumlah petani mengaku pasrah, mengingat program ini sudah direncanakan sejak lama. “Karena pengeringan ini sudah menjadi program pemerintah, kita pasrah saja,” ujar Ibul, salah satu petani Belitang.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten OKU Timur, Muhtadi menegaskan, secara umum pengeringan irigasi Belitang tidak akan berdampak luas dengan kelangsungan tanaman padi petani, mengingat sekarang ini tanaman padi ada di antaranya yang sudah mulai berbuah dan sebagian lagi mulai panen.

“Tanaman padi sekarang ini tidak begitu butuh banyak air lagi, kalaupun irigasi ditutup kita harapkan tidak banyak pengaruhnya terhadap padi garapan petani,” imbuhnya.

Diakui Muhtadi, untuk wilayah Buay Madang Timur setidaknya masih ada ratusan hektare tanaman padi yang baru saja ditanam petani. Namun dengan kondisi hujan mulai turun dalam seminggu terakhir diharapkan padi yang baru ditanam itu tidak akan kekurangan air.

Pejabat Pembuat Kometmen (Irigasi) III Belitang, Ferry Syahrial menegaskan, sesuai jadwal penutupan irigasi untuk renovasi melalui proyek irigasi Upper Komering Pase (II) tahap 2, dimulai awal November 2009 hingga ahir Maret 2010.

“Debit air yang ada disaluran skunder Belitang berangsur-angsur berkurang dan diharapkan tiga hari ke depan sudah kering total, sehingga pengerjaan proyek renovasi segera dapat dilakukan,” tandasnya.

http://www.sripoku.com powered by Nursidiq Arizal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s