Saluran Induk Belitang Dicor

MARTAPURA – Setelah melalui tahap pengangkatan ribuan ton lumpur dengan menggunakan alat berat di dalam saluran irigasi Belitang, kini memasuki minggu kedua Desember 2009 ini para pekerja melakukan pengecoran bagian lantai dasar dan dinding saluran irigasi yang rusak.

Pantauan di lapangan, Rabu (9/12), ratusan pekerja nampak sibuk dengan tugas mereka, dibantu sejumlah alat berat yang disiagakan di sepanjang saluran irigasi Belitang yang sedang direnovasi itu, seperti di sekitar Bendung Komering (BK) III dan IV.

<i

Di kawasan ini pekerja sibuk mengecor bagian lantai dasar saluran yang selama ini belum dikeraskan. Dampaknya debit air yang disalurkan ke sawah petani di wilayah Belitang selama ini lebih banyak hilang karena meresap ke dasar irigasi berupa tanah yang belum dicor.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera BBWSS VIII, Sukoco melalui Feri Syahrial, ST, MT selaku Pejabat Pembuat Kometmen (PPK) Irigasi III menjelaskan, pengerjaan rehab saluran induk Belitang itu kini sudah memasuki tahap pengecoran, terutama di sekitar BK III dan IV yang dikerjakan secara manual dengan melibatakan ratusan pekerja lokal di sekitar lokasi. Pekerjaan ini dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 setiap hari.

Sementara itu PPK Irigasi I, Suripto menyebutkan, program renovasi saluran induk Belitang Irigasi Upper Komering mulai dari BK-0 hingga BK-20 sepanjang 60 kilometer itu merupakan bagian dari proyek Irigasi Komering Tahap-2 (Phase-II) pembiayaannya diperoleh dari dana bantuan luar negeri melalui Loan Japan Bank For Internacional Coorperation (JBIC) senilai Rp 1,3 triliun, dengan waktu pengerjaan bertahap.

dikutip dari http://www.sripoku.com.created by Nursidiq arizal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s