Pasar Srimulyo Jadi Pasar Harian

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur menjadikan pasar yang berlokasi di Desa Srimulyo Kecamatan Belitangmulya yang sebelumnya hanya pasar mingguan menjadi pasar harian.

Pasar tersebut merupakan satu-satunya pasar yang dikelola oleh dinas koperasi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, Yunus Alfian Wan, kepada Sripoku.com, Rabu (8/2/2012).

Menurutnya, untuk wilayah Sumatera hanya OKU Timur dan Bengkulu yang melakukan pengelolaan pasar. Sementara untuk seluruh Indonesia dinas koperasi yang mengelola pasar hanya 27 pasar.

Sistem yang digunakan dalam pengelolaan pasar tersebut, kata dia, pedagang yang akan berjualan di pasar tersebut terlebih dahulu harus menjadi anggota koperasi dalam hal ini Koperasi Unit Desa (KUD) yang didirikan berdasarkan badan hukum.

“Anggota juga memiliki simpan pinjam wajib. Mereka bisa mendapatkan kios maupun los yang ada di pasar tersebut,” terangnya.

Fasilitas seperti los maupun kios lanjut Yunus tidak diperjualbelikan. Yang berhak menggunakannya hanya pedagang yang sudah terdaftar sebagai anggota koperasi.

6 responses to “Pasar Srimulyo Jadi Pasar Harian

  1. Kami sbg wrg dsa Tawang Rejo kec. belitang kab. Oku Timur..jg mengharapkan kerjasama dgn UKM oku Timur. krn di dsa kami jg ada psar desa Tawang Rejo akan tetapi msh bersifat kalangan(mingguan)..

  2. Semoga dengan dijadikanya pasar srimulyo menjadi pasar harian,,semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,dan pemerintah daerah harusnya lebih aktif lagi mengembangkan desa terpadu seperti Desa Srimulyo ini.
    “Nersama Membangun Bangsa Melalui Pengembangan Ekonomi Makro”

  3. pembangunan pasar srimulyo berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan tetapi akses jalanpun harus di pikirkan untuk mobilitas para pedagang,tanpa di dukung dg akses jalan yg baik untuk perkembangan ekonominya pasti sangat lamban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s